Dinas PU CKTR&P Musi Rawas Terapkan Ide Kratif

MUSI RAWAS, WI – Karena masalah sampah bukan hanya tugas atau pekerjaan pemerintah saja, tetapi menjadi masalah bersama. Tetapi budaya tertib buang sampah pada tempatnya adalah suatu keharusan guna terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PU CKTR&P) Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera selatan, menuangkan ide keratif melalui menempatkan kotak sampah dengan beragam tulisan yang renyah dan menghibur agar masyarakat tertib membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, Jumat (2/3/2018).

Menurut Kepala Dinas PU CKTR&P kabupaten Musi Rawas, Ristanto Wahyudi mengatakan, pihaknya memang sengaja merencanakan untuk menempatkan kotak sampah dibeberapa titik dilokasi alun – alun agropolitan.

Pada kotak sampah juga dibuat berbagai tulisan dan kata – kata kreatif yang renyah, ringan dan menghibur bagi masyarakat yang berkujung keareal alun – alun agropilitan tersebut. Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk budaya tertib membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Kalau selama ini kita lihat ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya terkesan menggunakan bahasa yang kaku dan tegas, kita coba melalui tulisan yang segar dan renyah, meskipun terkesan tulisan ringan namun maknanya adalah tetap ajakan budaya hidup sehat melalui lingkungan yang bersih dengan membuang sampah pada tempatnya”, katanya.

Ide dan kratifitas untuk menempatkan kotak sampah sekaligus dibuat tulisan humor ringan tersebut datangnya begitu saja.

Salah satunya terinspirasi dari sebuah film kekinian yang tengah digandrungi oleh anak muda sekarang ini yaitu film DILAN 1990, karena dalam film tersebut terselip pesan bahwa sesuatu yang “berat” harus menjadi tanggung jawab bersama.

Ketika dikaitkan dengan persoalan sampah, maka bisa dibuat kata – kata,  miisalnya, lanjut Ristanto, “Jangan Kotor, Kotor itu Berat Kamu tak akan kuat, Biar Kotak Sampah Saja yang Menanggungnya”.

“Kita ingin mengajak masyarakat untuk tertib buang sampah, dengan cara yang kreatif dan ajakan tersebut mudah diterima oleh masyarakat, terlebih lagi seperti alun – alun ini banyak di kunjungi anak muda”, paparnya

Dijelaskannya, lebih jauh dari itu bukan hanya mengajak masyarakat tertib buang sampah untuk mendukung lingkungan sehat dan bersih tetapi ini bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi alun -alun agropilitan.

“Kedepan tentu hal semacam ini akan terus berupaya kita kembangkan, harapan kita tentu masyarakat semakin sadar tentang pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih”, uarainya.

Pantauan dilokasi, saat ini kotak sampah dengan tulisan kratif ini akan ditempatkan di 17 titik lokasi di sekitar alun – alun Agropolitan.

Adapun berbagai kalimat kreatif disekitar kotak sampah yang ditempatkan diantaranya, ” Disini Tempat Buang Sampah Bukan Tempat Buang Mantan”, “Mau sampah Mau Mantan Tempatnya Buang Disini”, Kalau Pacarmu Bawel, Buang Aja Disini tapi Dengan Sampah – Sampahnya” dan masih bayak kalimat renyah, meggelitik dan menghibur yang lainnya. (Taufik Gonda)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.