Bupati Mura H Hendra Gunawan Tandatangani MoU Prukades Dengan Kemendes PDTT dan Mitra perusahaan

MUSIRAWAS, WI – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan bersama enam Bupati yang mewakili 162 Bupati dan Walikota se-Indonesia lakukan penandatanganan naskah pola kemitraan (MoU) Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) antara Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Mitra Perusahaan.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan dalam acara Jakarta Food Security Summit -4 (JFSS -4) dipusatkan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta dan disaksikan lengsung oleh oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kala, Kamis (08/3/2018) lalu.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani serta beberapa Menteri Kabinet kerja dan beberapa mantan menteri diantaranya Haryono Suyono, Emil Salim dan lainnya.

Bupati Mura H Hendra Gunawan mengaku begitu bersemangat dengan telah ditandatanganinya dokumen pola kemitraan antara Pemerintah daerah dengan Kemendes PDTT RI dan Mitra perusahaan.

Terlebih Bupati H Hendra Gunawan mendapatkan kesempatan melakukan penandatangan langsung disaksikan Wapres JK dan beberapa menteri kabinet kerja.

Moment tersebut tentunya menambah semangat semua jajaran pemerintah daerah Kabupaten Musirawas bersama masyarakat untuk membangun daerah, mempercepat pengentasan kemiskinan dan melepaskan status tertinggal yang sudah sangat lama disandang Bumi Lan Serasan Sekentenan.

Dengan demikian lanjut Bupati, diharapkan pertumbuhan ekonomi akan tercipta dan pengentasan kemiskinan serta ketertinggalan daerah dapat dicapai.

Selain itu pengelolaanya diharapkan dapat dilakukan oleh BUMDes atau BUMDes bersama. Dan yang pasti keterlibatan pihak swasta dalam hal ini tidak akan mengurangi hak-haknya para petani.

Dalam penandatanganan MoU simbolis, salah satunya Bupati menandatangani komitmen dengan PT Nusantara Coffe diketahui Kemendes PDTT RI dimana perusahaan tersebut komitmen untuk mengembangkan produk unggulan Kopi Selangit. Dilanjutkan penandatangan MoU dengan enam perusahaan nasional lainnya untuk mengembangkan enam produk unggulan perdesaan di Musi Rawas.

Untuk Perusahaan yang terlibat dalam MoU tersebut secara keseluruhan yakni Perum BULOG, FKPPJN, ICS Kopi Alam Kerintji, Majestic Buana, PT. Aruna Jaya Nusantara, PT. Bens Prakarsa Murni, PT. Cocomas, PT. Fruit-ING Indonesia, PT. HQ CP, PT. Nusantara Coffe, PT. Mega Inovasi Organik, PT. Mitra BUMDes Nusantara, PT. PPI. Selanjutnya Sinarmas Group, Rikolto, Swisscontact, Yayasan Artha Graha Peduli, KPSU Solok Radjo, PT. Megah Utama Mentari.

Kemudian di pihak mitra pembangunan dihadiri oleh para pihak diantaranya Task Team Leader, Village Innovation Program, Bank Dunia, Direktur Program KOMPAK, Director of ILO for Indonesia & Timur Leste, Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, Director of UNDP, IFAD Regional Asia Pasifik, Direktur Utama, Bank Negara Indonesia 1946, Direktur Utama, Bank Rakyat Indonesia dan Pimpinan Forum Pertides. (Nurul Ilmi/ADV)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.