Jaga Sinergitas Wujudkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

LUBUKLINGGAU, WI – Pj Walikota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Seltan, H Riki Junaidi mengajak semua lapisan Pemerintahan untuk sama-sama meningkatkan komitmen untuk lebih meningkatkan kualitas layanan publik didalam seluruh lapisan pemerintahan.

Hal itu disampaikannya saat dalam kegiatan peninjauan Pembinaan Pelayanan Publik oleh Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai di Gedung Pertemuan Bandiklat, Jalan Pembangunan Kelurahan Pelita Jaya Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Jum’at (4/5/2018).

Hadir diacara tersebut Pj Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi, Sekda, H Rahman Sani, Wakapolres, Kompol Zulkarnain Seluruh FKPD dilingkungan Pemerintahan Kota Lubuklinggau.

Kegiatan juga dilaksanakan agar tetap menjaga sinergitas dalam mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang mensejahterakan dan berkeadilan.

Amzulian Rifai dalam penyampaiannya melakukan sharing diberbagai kegiatan di pemerintahan. Ia juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk disiplin dan taat peraturan.

Kriteria pelayanan publik kelas dunia yakni, tidak ada pungli, tidak ada diskriminasi, birokrasi bersih dan melayani publik seperti di Negara Denmark, Firlandia, Nowergia dan Swedia”, ceritanya.

Pelayanan publik yang paling banyak mendapatkan sorotan adalah bidang kesehatan dan pendidikan. Seperti rumah sakit, sekolah dan kampus.

Dari hasi tim saber pungli tahun 2017, bidang pelayanan publik di Indonesia paling rawan tindakan pungli. Persentasenya, tindakan pelayanan sekitar 36 persen, penegakan hukum sekitar 20 persen dan pendidikan 18 persen.

“Seperti, banyaknya penarikan uang yang diatasnamakan sumbangan pendidikan namun tidak jelas kemana alokasinya. Tim saber pungli yang telah 10 tahun terbentuk telah melakukan ott sebanyak 1.002”, katanya.

Menurutnya, setelah ia berkunjung ke sejumlah pelayanan publik di Lubuklinggau seperti Disdukcapil, Dispurasip, Dinas dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RS Siti Aisyah. Sistem Pelayanannya sudah terbilang sudah cukup baik, birokrasi sudah bagus. Semakin baiknya pelayanan publik, maka keinginan masyarakat semakin tinggi.

“Kita samakan visi, dengan adanya kegiatan ini seluruh lapisan masyarakat pemerintahan bisa semakin lebih baik lagi,” tutupnya. (Nurul/Adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.