Petani Sawah Binaan PT Medco Panen Raya

MUSIRAWAS, WI – Panen raya padi organik di Desa SP 8 Trijaya, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, meningkat, Kamis(21/03/2019).

Varietas padi organik yang dipanen petani Binaan PT Medco E&P Indonesia ini seluas 2,3 hektar dengan jenis padi ciliwung, sentanur, padi hitam, padi merah dan padi putih.

Pemilik Lahan sawah, Sriyadi, meceritakan, hasil panen raya pertanian organik dinilai lebih produktif dibandingkan sistem non organik, selisihnya bisa mencapai 3 hingga 4 ton  perhektar. Jadi panen kali ini jauh lebih meningkat.

“Sebelum menggunakan Budidaya Padi Organik System Rice Intensification (SRI) Organik, lahan padi miliknya menghasilkan 3,5 ton per hektare. Setelah menggunakan SRI Organik, lahan kami bisa menghasilkan 7 hingga 8 ton perhektar dengan kualitas beras yang bagus”, terang Sriyadi.

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti mengapresiasi kepada petani dan pemerintah desa yang telah melakukan pertanian ramah lingkungan. Menurutnya, pertanian ramah lingkungan ini perlu dikembangkan secara lebih meluas.

H.Suwarti juga mengucapkan terima kasih kepada PT Medco atas pendampingan dan bantuan yang diberikan kepada petani. Selain itu dirinya juga mengucapan terima kasih kepada Kepala Desa Tri Jaya yang telah berjuang dan melakukan pembinaan juga kepada masyarakat didesanya untuk mengembangkan pola pertanian organik.

 “Kalau bisa petani organik memperluas hinga se Kabupaten Musi Rawas menggunakan SRI Organik”, harapnya.

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas akan memberikan suport kepada petani organik, karena padi organik banyak manfaatnya, seperti kadar gula rendah, bisa menurunkan kolestrol”, terang orang nomor dua di Musi Rawas ini.

Comdep Officer Medco E&P Indonesia, Robby Wijaya mengatakan, Kedepannya pendampingan Medco E&P Indonesia akan tetap dijalankan dan juga akan mendapingi hingga proses penjualan.

“Masyarakat Desa SP 8 Trijaya ini dibantu pendampingan, diajari cara mengelolah lahan, dicari tahu apa permaslahan dan dibantu mesin pencacah kompos, mesiin penggembor tanah sehingga hasil panen lebih berhasil dari tahun sebelumnya”, imbuhnya..

Lanjut Robby, Padi Hasil SRI Organik berkualitas dan legal, dan kedepannya petani organik dapat lebi maju dan hasilnya bisa mencapai 12 ton perhektare.

Kepala Desa Trijaya, Ruslan, mengungkapkan untuk mencapai impian dirinya dan masyarakat didesanya untuk menjadikan desanya sebagai desa organik, maka dirinya berharap dukungan dan bantuan dari semua pihak terutama pemerintah kabupaten Musi Rawas agar apa yang diimpikan dapat terwujud”, Harapnya. (Nurul)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.